LogMeIn, cara mudah remote komputer.

Sebagian dari anda mungkin bertanya-tanya apasih maksudnya? baik, saya akan mencoba sedikit menerangkan tentang remote komputer dan layanan gratis LogMeIn.com. Remote komputer bisa diartikan mengendalikan komputer dari tempat terpisah dengan menggunakan jaringan LAN mauoun internet. Dengan melakukan remote, maka remoter akan bisa mengendalikan komputer target dari manapun dia berada.
Masalahnya, jika remote dilakukan dengan media internet, target komputer harus memiliki sebuah IP publik statik yang tidak berubah-ubah dan tidak share dengan komputer lain. Selain itu, komputer target harus konek secara langsung dengan internet. Namun, ada cara sangat sederhana yang bisa di lakukan tanpa bingung-bingung melakukkan pengaturan. Caranya adalah dengan menggunakan layanan gratis dari LogMeIn.com. Dengan layanan ini, kita hanya tinggal login dan secara langsung kita bisa meremote komputer target dengan menggunakan browser kita.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menggunakan layanan LogMeIn.com :

1. Pertama, anda terlebih dahulu mendaftar untuk mendapatkan account di LogMeIn.com setelah sukses mendaftar dan telah mengaktifkan account anda, silahkan login dengan menggunakan komputer yang akan menjadi target remote dan masuk ke bagian My Computers.

2. Klik pada link add komputer. Sistem akan membawa anda kesebuah halaman dimana anda harus mendownload software client. Silahkan download sofwarenya dan simpan pada direktori anda karena ini bisa di guanakan untuk menginstallnya di komputer lain.>/p>

3. Jalankan software yang anda download tadi dan lakukan instalasi hingga selesai dan anda di tanya tentang informasi account anda di LogMeIn.com. Masukkan sesuai accounnt anda lengkap dengan password serta kode verifikasi komputer dan klik finish .

4. Jika komputer berhasil tersambung dengan server LogMeIn, maka icon LogMeIn pada try icon, akan menunjukkan tulisan LogMeIn – Enabled and Online. namun jika gagal, maka akan muncul tulisan LogMeIn – Enabled but offline (silahkan periksa kembali koneksi internet anda atau account settingnya).

5. Jika komputer sudah tersambung dengan server LogMeIn, maka anda sudah bisa melakukan remote menggunakan account yang sudah anda isikan tadi dari manapun anda berada di seluruh dunia. Caranya, anda tinggal buka browser dan arahkan ke alamat www.LogMeIn.com kemudian login.

6. setelah berhasil login, masuk pada halaman My Computers, dan anda akan melidat nama komputer anda yang bisa anda remote, jika komputer anda tidak tersambung akan ada keterangan offline di belakang daftar komputer anda. klik link pada nama komputer anda dan sistem akan membawa anda kehalaman remote tetapi sebelumnya anda akan di minta mengisi kode verifikasi komputer yang sudah anda isikan, jika tidak anda akan diminta memasukkan username dan password log on windows komputer target. Ini untuk memastikan bahwa anda benar-banar pemilik komputer tersebut.

mycomlogmein

connectlogmein

accesslogmein

connectedlogmein

remotedlogmein

7. Setelah sukses, silahkan klik Remote This Computer dan anda akan di suguhkan halaman desktop komputer target dalam halaman browser anda. Sampai disini, anda sudah bisa mengendalikan komputer anda dari jarak ribuan kilo, melintas gunung maupun menyeberangi lautan dan samudera sekalipun :D. Tanpa batas, anda bisa melakukan apapun seperti layaknya anda berada di depan komputer tersebut secara langsung tanpa anda harus memiliki ip publik.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

15 thoughts on “LogMeIn, cara mudah remote komputer.

  1. avant says:

    thank’s bgt infonya ya.. trus ak mw tnya, apakah saat kt meremote komputer lain itu, keadaan komputer disana gimana? apakah tidak berfungsi? dan apakah mereka tw klo komputernya sedang diremote? dan apakah kt bs menginstal software di komputer tsbt?

    • Komputer masih akan berfungsi seperti biasa, hanya saja saat kita remote maka tampilan dekstop akan berubah tanpa wallpaper. Sudah pasti mereka mengetahui bahwa komputernya telah di remote sehingga memang ini ditujukan untuk komputer2 yang memang meng-oetentikasi kita sebagai pemiliknya karena memang kita terlebih dahulu harus menginstal sofware LogMeIn di dalamnya dan memasukkan account LogMeIn kita, kecuali si pemakai komputer sama sekali tidak mengerti tentang teknologi komputer dan remote. Untuk menginstall sofware jarak jauh tentu bisa, karena setelah kita berhasil meremote komputer tersebut, kita bisa menggunakannya layaknya kita berada di depan komputer tersebut, karena yang terkirim ke account kita di LogMeIn adalah tampilan dekstopnya. Selamat Mencoba

  2. bubun says:

    mas kalau kita pake logmein itu… ketika kita buka PC kita yang nanjauh di sana …. apa data2 kita tetap aman. thanks untuk info nya..

    • Selama ini saya menggunakan LogMeIn masih aman2 sih. dia menggunakan SSL-256bit kl g salah, setara dengan yang digunakan oleh bank2 untuk internet banking.

  3. upss seep..
    kalo komputernya ada 2, satu di kantor dan satu lagi dirumah, bagaimana? harus di instal smua tuh komputernya di kantor ma di rumah..

    • yang mesti di install LogMeIn ya hanya komputer yang akan di remote mas, untuk komputer yang me-remote cukup install plugins LogMeIn. Jadi kalau kedua komputer ingin bisa di remote, misal saat di kantor remote komputer di rumah atau sebaliknya, maka dua-duanya perlu diinstall LogMeIn.

  4. mas saya mau install log me in di linux, versi linux yang saya gunakan adalah PC Linux OS 2009.2 bagai mana panduan install nya step by step dan bila di perlukan program logmein versi linux nya download dimana terima kasih atas perhatiaanya

    • Saya belum pernah coba install di linux mas, tapi kalau remote dari linux bisa.. dari berbagai forum, sampai saat ini logmein belum support untuk linux. jika anda ingin remote PC linux anda bisa mencoba menggunakan alternatif lain seperti TeamViewer, atau VNC. TeamViewer mirip dengan LogMeIn dan sudah support untuk linux dimana disediakan paket install dalam bentuk rpm (Red Hat, Fedora, Suse, Mandriva (32/64-Bit), deb (ubuntu dan debian) maupun sorce tar.gz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *