Versi Baru dari “My Galleries”

Beberapa hari ini saya sangat sibuk dengan mencoba berbagai macam plugins guna mendapatkan plugins yang bagus untuk mengelola foto-foto dalam geleri saya. Memang saya memiliki space hosting yang besar yang dapat menampung banyak file foto, namun dengan memanfaat kemudahan upload dan editing saya menginginkan plugins yang bisa memaksimalkan account saya di picasa milik google.

Setelah sebelumnya mencoba plugins yang bernama KPICASA, saya merasa kurang puas dengan performanya yang membuat blog ini sangat berat untuk di akses. Apalagi server tempat hosting saya sedang mengalami overload access SQL yang diakibatkan oleh website2 besar milik PTN yang sedang menadakan ujian online (menurut CS yang saya hubungi semalam). Solusinya adalah plugins yang digunakan harus ringan. Maka, setelah mencoba beberapa plugins dan melihat review dari beberapa forum saya memutuskan untuk mencoba plugins yang bernama Shashin 2.4.2

Setelah melakukan penginstalan dan mengatur beberapa parameter di sub menu setting pada dashboard dan meng-add album serta mengsinkronisasi saya mencoba untuk mengintegrasikan ke halaman galeri saya. dan setelah saya mencoba untuk membuka halaman tersebut, ternyata performanya lumayan cepat tidak seberat kpicasa yang saya coba sebelumnya.

Bentuk tampilan menggunakan Highslide

Masalah hanya muncul saat awal penyettingan plugins, dimana proses sinkronisasi yang tidak sempurna menyebabkan plugins error karena foto yang terload baru sebagian. namun setelah dilakukan sinkronisasi ulang bisa berjalan dengan baik.

Proses sinkronisasi juga bisa diatur secara otomatis setiap hari sehingga jika anda melakukan perubahan atau menambahkan foto baru dalam account picasa makan akan secara otomatis ditambahkan jugadalam database shashin.
dalam hal tampilan penuhnya, plugins ini menggunakan Highslide sebagai mesin penampilnya. Selain menggunakan Highslide, Shasin juga bisa menggunakan penampil lain seperti lightbox maupun thicbox sesuai dengan selera dan kesukaan anda.

4 thoughts on “Versi Baru dari “My Galleries”

      1. ada tag khusus, bisa untuk menampilkan foto tunggal, album tunggal, beberapa foto dalam satu album, beberapa album, atau foto random.. pada plugins terbaru saat ini, sudah include pada menu add media saat kita bikin postingan baru, tinggal klik lalu pilih album/foto yang ingin dimasukkan, secara otomatis tag post-nya akan muncul saat kita klik OK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *