Setting modem DSL-520B untuk Speedy (akhirnya bisa!)

DSL-520B
DSL-520B

Hari rabu yang lalu seorang teman menghubungi saya bahwa dia ingin mengganti modem speedy yang dia miliki dengan modem baru. Alasan mendasarnya adalah modem yang saat itu di pakai sering kali tiba-tiba macet dan kembali ke setting default. Saya sendiri merasa heran dengan modem tersebut karena hampir setiap seminggu sekali temna saya menghubungi karena modemnya gak bisa konek. Alhasil, dia membeli modem baru dengan merk D-Link tipe DSL-520B.

Semula saya berpikir cukup 5-10 menit stting modem tersebut bisa selesai sehingga hari rabu tersebut saya datang jam 9 malam. Namun di luar perkiraan, modem baru ini sedikit bandel. beberapa kali saya lakukan penyettingan tetap tidak mau berfungsi dengan baik.

Pertama kali menghidupkan modem saya langsung melakukan dengan memilih menu quick settup dan mengisi semua parameter yang di tanyakan sesuai setting modem yang lama. Tetapi alangkah terkejutnya saya, karena baru kali ini saya mengalami hambatan dalam menyetting modem untuk speedy. Selama ini tak pernah lebih dari 10 menit modem sudah bisa di gunakan. Namun modem ini sedikit rewel juga agaknya. Setelah setting selesai dan klik save/reboot, modem bisa terkoneksi dengan jaringan ISP, bisa melakukan ping dengan baik, namun saat akan browsing modem menolak melakukannya hanya ada beberapa website yang berhasil di buka diantaranya google dan logmein, selain itu semua tidak berhasil di buka.  Tak terasa saat itu hingga jam 2 malam modem tak kunjung berfungsi sehingga saya memutuskan membawa pulang kerumah.

Sesampai dirumah, saya mencoba mencari firmware terbaru dan menemukannya di Blog D-Link Indonesia. Sesuai petunjuk dari D-link Indonesia saya mencoba untuk meng-upgrade firmware modem tersebut namun setelah modem selesai di upgrade masalah tetap tidak terselesaikan, hingga saya memutuskan meminta ganti modem baru di toko tempat teman membeli modem tersebut.

Esok harinya saya menukarkan modem tersebut dengan modem sejenis karena saya berpikir kemungkinan modem yang kemarin merupakan produk gagal DSL-520B, namun ternyata perkiraan saya salah, saat modem baru saya coba tetap saja saya menemui masalah seperti diatas. Saya putuskan untuk memberikan komentar di blog D-link tersebut dengan menyampaikan permaslahan yang saya hadapi. Setelah menunggu semalaman, komentar saya mendapat balasan yang berisi :

To : fredy

Terima kasih atas pertanyaan anda.

“saya baru membeli modem dsl-520B, waktu setting pertama dengan firmware awal sudah berhasil connect dengan isp telkom speedy namun hanya bisa browsing google namun tidak bisa membuka website selain itu. saya coba untuk upgrade ke firmware terbaru (1.22SE) ternyata masalahnya masih tidak terselesaikan. saya coba untuk ping semuanya reply tanpa masalah termasuk ping ke semua website yang tidak bisa di buka oleh browser. saya coba dengan modem lain (raticonet) yang memiliki firmware mirip dengan dsl-520B tidak ada masalah seperti diatas dan bisa browsing dengan lancar. Kalau parameter setting saya yang salah, saat saya diagnose semuanya “PASS”. lalu dimana letak kesalahannya?”

—> Coba anda reset to factory default setelah anda upgrade ke fw 1.22SE. Lalu set ulang dari awal. Jgn lupa di save n reboot.

Bila masih belum bisa, anda bisa coba untuk turunkan nilai MTU/MRU ke 1400.

Mudah2an membantu

Langsung setelah membaca saran tersebut, saya melaksakan apa yang disarankan dan alhasil… OHO… modem berjalan dengan baik! Bisa browsing…. SIIIPLAH….! :) Ternyata butuh waktu 3 hari untuk setting modem ini…

12 thoughts on “Setting modem DSL-520B untuk Speedy (akhirnya bisa!)

    1. bagaimana indikator lampu di modemnya mas? karena indikator lampu menunjukkan masalahnya terjadi dimana. kalau lampu ADSLnya menyala tapi data/ppp tidak mungkin salah di password/username tapi kalau ADSL yg tidak menyala, bisa jaringan kabel telepon yg terganggu atau setting di VPI/VCI-nya yg salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *