Akhirnya kembali ke server Singapore

Setelah beberapa bulan sempat migrasi menggunakan server IIX, akhirnya sejak tadi malam Gmib26.Net kembali menggunakan server Singapore. Hal ini terpaksa dilakukan karena selama beberapa bulan tersebut kinerja server IIX tidak seperti yang diharapkan. Bukannya mempercepat loading halaman, malah memperlambat. Memang semestinya server IIX bisa lebih cepat dibuka dari dalam negeri, namun karena blog ini menggunakan beberapa plugins yang mengharuskan server mendownload konten dari server luar menyebabkan halaman website menjadi sangan berat dibuka. Hal ini disebabkan karena bandwidth internasional hosting IIX yang terlalu kecil.

Bandwitdh internasional server IIX yang terlalu kecil tersebut sangat menghambat proses download konten dari luar negeri, seperti halnya dari server yahoo, google maupun facebook karena plugin yang saya gunakan. Bahkan, selama berada di server IIX saya terpaksa harus menggunakan cara manual untuk meng-upgrade wordpress saya karena upgrade otomatis dari wordpress selalu mengalami kegagalan disebabkan oleh koneksi yang timeout.

Sejak semalam, dengan menggunakan server singapore, website sudah bisa kembali seperti dulu, bahakan upgrade otomatispun bisa saya lakukan. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan dengan segera mengupgrade wordpress saya ke versi terbaru 2.9.1. Bahkan saya menginstall theme baru langsung dari server wordpress yang sebelumnya sangat tidak mungkin dilakukan.

Seharusnya kinerja server IIX bisa lebih baik mengingat harga sewa hosting yang lebih mahal di banding server singapore. Kenapa hal ini bisa terjadi? Atau karena harga bandwidth internasional yang memang mahal? Padahal jika menilik jumlah pengguna internet di indonesia yang setiap tahunnya terus meningkat, seharusnya pemerintah sebagai regulator bisa mengatasi masalah ini demi kemajuan bangsa. Bagaimana bangsa ini bisa bersaing dengan negara tetangga seperti singapore, kalau akses internetnya saja lambat? Bagaimana konten dalam negeri bisa laku di negara tetangga jika untuk membukanya saja selalu timeout?

3 thoughts on “Akhirnya kembali ke server Singapore

  1. oooohhhhhhhhhh, server IXX ada kelemahan yah ternyata ?

    saya kebetulan blognya pakai server singapore. katanya ini dianjurkan supaya cepet diakses dari indo maupun luar negeri.

    kalo ada kelemahan dari server ixx sih gak taw saya

    1. Beberapa bulan yang lalu saya sempat pindah hosting pake server IIX, memang akses dari dalam negeri terbilang lebih cepet. Namun, akses yang cepet itu mesti kita bayar dengan kecilnya b/w server IIX untuk koneksi keluar. Sehingga jika kita menggunakan plugin yang mesti mendownload konten dari web luar akan menyebabkan lambatnya akses ke website kita itu. Parahnya, bagi saya pengguna wordpress, saya jadi tidak bisa upgrade secara otomatis. Jangankan upgrade wordpress ke versi yang lebih tinggi, untuk upgrade plugin aja juga tidak bisa, jadi mesti dilakukan secara manual. Setelah saya pikir, sama saja hosting di IIX tapi kl download konten dari luar jadi lambat, mending kembali ke server SG, Toh dari segi akses tidak terlalu bermakna perbedaannya.

  2. aduh…server iix memang bikin pusing…
    kesulitan server iix juga terjadi apabila user mengakses nya dari operamini..

    karena opera mini menggunkan ip LN jadi nya kadang” website kita tidak bisa loading…
    huuuhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *