Samba Server dengan Veto Files di Ubuntu

Samba Server adalah sebuah program opensource untuk menyediakan layanan berbagi file dan printer, atau yang biasa di kenal dengan Fileserver maupun Printserver. Samba memungkinkan pengguna lintas platform seperti Linux/Unix dan windows bisa berbagi berkas dan printer yang sama. Masalah yang sering muncul dengan adanya penggunaan folder dan berkas yang sama adalah mudahnya perpindahan file yang telah terinfeksi oleh virus ke komputer lain terutama untuk platform Windows yang terkenal lebih rentan terhadap virus. Selain masalah virus, ketersediaan dan keterbatasan kapasitas penyimpanan juga akan menjadi masalah jika folder yang kita bagi dengan akses penuh baca tulis untuk semua user. Dengan akses penuh baca dan tulis, user dapat memindahkan file-file media yang biasanya berukuran besar kedalam folder berbagi yang membuat kapasitas penyimpanan cepat penuh.

Guna mengatasi masalah tersebut diatas, kita bisa menggunakan fitur VETO FILES dalam file config samba yang kita gunakan, yaitu fitur untuk mencegah file-file dengan ekstensi tertentu tidak bisa tersimpan dalam folder sharing. Manfaatnya adalah mencegah penyebaran file-file yang biasanya tereksekusi seperti file virus yang biasanya berekstensi .exe, .scr, .bat, .pif atau ekstensi lainnya guna menghemat storage seperti file media .mp3, .wav, .mkv, .avi dan ekstensi lain yang perlu kita blokir.

Berikut adalah contoh pemanfaatan fitur Veto Files untuk mencegah file dengan ekstensi tertentu.

[DATA]
        comment = Share Documents
        path = /home/user/share/data
        read only = No
        create mask = 0666
        directory mask = 0777
        guest ok = Yes
        veto files = /*.exe/*.scr/*.dat/*.mpg/*.mpeg/*.com/*.pif/*.mp3/*.inf/*.bat/*.vbs/*.flv/*.avi/*.lnk/*.3gp/*.rmvb/*.rm/*.dll/*.mkv/*.ini/*.mp4/
        delete veto files = yes

Perhatikan bahwa setiap jenis ekstensi file yang ingin kita veto harus dimulai, diakhiri dan atau dipisahkan dengan mnggunakan simbol slash (/) meskipun kita hanya ingin mem-veto satu macam ekstensi file.

Veto file juga bisa digunakan untuk mencegah penyimpanan file yang mengandung nama tertentu seperti :

[data]
    veto files = /*config/*default?/

Pada contoh diatas maka semua file dengan nama berakhiran “config” dan “default?” akan terkena veto dan tidak akan bisa tersimpan dalam folder samba.

Sumber bacaan : Docs Samba.org Chapter 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *