Shutdown Otomatis PC dengan Windows 10 Saat Listrik Padam

Sudah lama tidak membuat catatan, kali ini kelanjutan dari tulisan saya tentang Membuat Server Mendeteksi Listrik Padam dan Secara Otomatis Melakukan Shutdown yang saya tulis sejak 2011 yang lalu. Namun kali ini saya melakukannya untuk PC / komputer yang saya gunakan sehari-hari dengan OS yang berjalan Windows 10.

Prinsip kerjanya masih tetap sama, yaitu memanfaatkan script sederhana yang melakukan ping terhadap divice tertentu yang power source-nya langsung dari colokan / terminal listrik PLN tanpa melalui UPS. Hal ini karena UPS yang saya pergunakan adalah UPS murah meriah tanpa software (bukan smart UPS 🙂 ).

pertama adalah mempersiapkan script bash, buka software editor yang biasa dipergunakan (bisa menggunakan notepad) copy script berikut dan save dengan extensi .bat :


@ECHO OFF
set IPADDRESS=192.168.0.200
set PINGFAILCOUNT=3
ping -n 5 %ipaddress% | find "TTL=" > NUL
if errorlevel 1 goto CHECKFAIL
GOTO END
:CHECKFAIL
echo %date% %time% >> failurelog.txt
setlocal EnableDelayedExpansion
set "cmd=findstr /R /N "^^" failurelog.txt | find /C ":""
for /f %%a in ('!cmd!') do set number=%%a
if %number% == %pingfailcount% (
echo %date% %time% 192.168.0.200 Ping timeout, entering sleep mode >> shutdownlog.txt
del failurelog.txt
GOTO SHUTDOWSSTART
)
GOTO END
:SHUTDOWSSTART
shutdown.exe /s /f /t 0
:END

Dalam script diatas, saya menggunakan ip 192.168.0.200 untuk di ping, dimana ip tersebut merupakan sebuah akses poin (AP) yang langsung terhubung dengan catu daya PLN tanpa melalui UPS, sehingga saat terjadi listrik padam AP akan mati dan timeout saat dilakukan ping.

Selanjutnya, setelah script selesai disimpan, buka Task Scheduler ( Windows > All Apps > Windows  Administrative Tools > Task Scheduler ). Pada tab menu sebelah kana, pilih create task…

Task Scheduler Setting Task Scheduler Setting Task Scheduler Setting Task Scheduler Setting Task Scheduler Setting

Silahkan anda sesuaikan setting seperti pada gambar diatas, jika tidak ada yang salah saat anda cabut kabel UTP kearah AP yang digunakan, dalam waktu maksimal 5 menit PC anda akan shutdown secara otomatis

4 thoughts on “Shutdown Otomatis PC dengan Windows 10 Saat Listrik Padam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *