Setting IGMP Proxy Pada Mikrotik untuk IndiHome dan UseeTV

Sebenernya lagi males nulis, jadi langsung poin2-nya saja ya.. Untuk gambar-gambar, nanti kalau gak malas di update…

Goal : Dengan menggunakan mikrotik, PC/Laptop/HP/Tablet maupun STB bisa akses internet IndiHome dan menonton IPTV UseeTV secara bersamaan dari jaringan kabel saja atau wifi saja. Bahasa lainnya mungkin :

Paralel akses Useetv di STB dan PC ataupun laptop dalam satu jaringan yang sama dengan akses internet Indihome

Ya seperti itulah pokoknya.. saya sendiri bingung memilih kalimat yang pas.. hehe.. 😀

Kondisi saat ini :

  • Koneksi internet IndiHome terhubung melalui Router mikrotik RB450G, dial pppoe dilakukan dari mikrotik dan dapat diakses PC/Laptop/HP/Tablet melalui kabel atau wifi, ONT set sebagai bridge.
  • STB hybrid UseeTV terkoneksi melalui 2 media, kabel dan wifi. Kabel terhubung dengan port IPTV UseeTV pada ONT untuk akses siaran TV, sedangkan wifi terhubung dengan router mikrotik RB450G untuk akses internet IndiHome buat youtube, browsing dan aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet

Kebutuhan :

  • paket instalasi multicast (download dari web mikrotik)
  • Routerboard Mikrotik (yg saya gunakan RB450G) dengan topologi :
    • port 2 : Gateway internet (pppoe) terhubung dengan port internet IndiHome pada ONT (punya saya port 3)
    • port 3 : Gateway multicast UseeTV terhubung dengan port IPTV UseeTV pada ONT (punya saya port 4)
    • port 4 : Jaringan Lokal (terhubung ke PC dan STB melalui kabel LAN
  •  PC dan STB hybrid UseeTV bawaan telkom (punya saya ZTE B760H)

Asumsi : saya asumsikan bahwa saat ini device anda sudah bisa terkoneksi dengan internet IndiHome secara lancar dengan menggunakan mikrotik sebagai router, karena dalam tulisan ini saya membatasi pada penambahan akses IPTV UseeTV kedalam jaringan yang sudah ada.

To Do :

  1. Install paket multicast pada routerboard mikrotik, caranya tinggal upload file multicast.npk ke routerboard, kemudian reboot
  2. login ke routerboard mikrotik menggunakan winbox dan buka terminal
  3. Ubah mac address port 3 (gateway UseeTV) menjadi mac address port wired STB UseeTV. Hal ini diperlukan karena telkom melakukan binding mac untuk bisa mengakses layanan TV dari UseeTV. Untuk mendapatkan mac address STB UseeTV anda bisa melihatnya pada menu setting > about pada STB. Untuk mengubah mac address port 3, ketikkan perintah :
    /interface ethernet set ether3-UseeTV mac=XX-XX-XX-XX-XX-XX
  4. Buat DHCP-Client dan DHCP Options pada interface ether3-UseeTV :
    /ip dhcp-client option add name=hostuseetv code=12 value="'ISIKAN-SERIALNUMBER-STB-USEETV'" 
    /ip dhcp-client add interface=ether3-UseeTV add-default-route=no dhcp-options=hostuseetv,clientid disabled=no
  5. Setting routing IGMP Proxy (bagian terpenting) :
    /routing igmp-proxy interface add interface=ether3-UseeTV upstream=yes alternative-subnets=0.0.0.0/0 threshold=1
    /routing igmp-proxy interface add interface=ether4-LAN threshold=1 upstream=no
    /routing igmp-proxy set quick-leave=yes query-interval=2m5s query-response-interval=1m40s
    
  6. Buat firewall filter untuk mengijinkan trafik IGMP dan UDP melewati router :
    /ip firewall filter add chain=input action=accept protocol=igmp in-interface=ether3-UseeTV log=no log-prefix=""
    /ip firewall filter add chain=input action=accept protocol=udp in-interface=ether3-UseeTV log=no log-prefix=""
    

    Pastikan kedua filter diatas berada diposisi paling atas.

  7. Buat static routing untuk trafik non multicast UseeTV dengan destinasi 10.0.0.0/8, Hal ini agar STB UseeTV bisa login dan mengakses EPG serta Video on Demand atau VoD dari server Telkom Indonesia (STB UseeTV akan berfungsi seperti biasa).
    /ip route add dst-address=10.0.0.0/8 gateway=10.21.0.1 type=unicast distance=1 scope=30 target-scope=10 disabled=no

    Sesuaikan gateway dengan Blok IP DHCP yang diperoleh pada ether3-UseeTV, saya memasukkan ip 10.21.0.1 sebagai gateway karena mendapatkan blok ip 10.21.0.0/20

  8. Tambahkan NAT masquerade untuk ether2 dan ether3
    /ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=ether2-WAN2 action=masquerade
    /ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=ether3-UseeTV action=masquerade
    
  9. Hubungkan port ether2 mikrotik dengan port internet IndiHome dan port ether3 mikrotik dengan port IPTV UseeTV menggunakan kabel UTP
  10. Cek DHCP client pada mikrotik, apakah sudah mendapatkan IP address dari server telkom.
  11. Silahkan anda coba menyalakan STB UseeTV hybrid, dan pilih salah satu, terkoneksi dengan wifi saja atau dengan kabel saja, matikan jaringan yang tidak digunakan. Jika semua setting benar, STB akan bisa login dan melihat siaran IPTV maupun TVoD UseeTV serta bisa mengakses Youtube maupun browsing.
  12. Untuk melakukan menonton Siaran IPTV UseeTV di PC, gunakan media player yang memungkinkan untuk melakukan streaming, saya biasa menggunakan KODI atau VLC. Untuk mendapatkan daftar Channel IPTV UseeTV, anda bisa menggunakan playlist m3u UseeTV berikut:
    https://pastebin.com/raw/z7biiam5

    (Playlist update : 23 Okt 2017, Playlist UseeTV lengkap dengan grup dan logo, tidak semua channel lancar dimainkan, sepertinya tergantung paket yang anda bayar 😀 )

Sekian dulu, mohon maaf jika ada yang salah. Silahkan tinggalkan komentar jika ada masukan dan saran.

 

Tambahan :

  • KODI : silahkan enable fitur Live TV dari menu setting, kemudian aktifkan add on PVR IPTV Simple Client, kemudian pilih configure dan masukkan URL Playlist UseeTV diatas pada alamat URL playlist. setelah berhasil buka menu LIVE TV dan pilih channel yang akan ditonton.
  • VLC : Buka menu Media > Open Network Stream.. dan masukkan url playlist UseeTV diatas.

311 thoughts on “Setting IGMP Proxy Pada Mikrotik untuk IndiHome dan UseeTV

  1. Ok.. Nti sya cek om

    Bner om login hotspot mikrotiknya muncul..
    Bypassnya dengan cra di binding ya?? Yg di binding brrti mac stb nya ya??

  2. sudah bisa om, tpi muncul masalh gateway ip 10 yg dr telkom di routing itu kok selalu berubah ya stiap setelah restart… biar gateway nya tetap kyak om gmna?? contoh spt punya om 10.21.0.1

    • Harusnya sih gak ngaruh mas.. Penentuan lease ip kan tergantung dhcp server telkom. Bisa jadi karena mac stb gak di binding di sisi server makanya ip selalu berubah. Kebetulan mungkin punya saya terbinding mac sehingga dapat ip statik.

  3. Ok.. Bsok saya pantau lagi gateway yg di dapatkan om… Trims atas semua bantuannya om..
    Tinggal sya coba hubungkan dengan AP … Smoga saja AP nya support multicast…

  4. joko says:

    Saya ada kendala om, setiap stb saya nyalakan internet saya tidak bisa digunakan, output wifi dari mikrotik jadi 1 port dengan output STB tujuannya biar bisa digunakan bareng2 antara wifi dan stb, tapi ini malah gak bisa, kira2 kurang setting apa ya om ? terima kasih

      • joko says:

        Sudah saya coba cek tidak ada limit, topologi saya, di sisi server pakai mikrotik 10 port, port 1 ppoe ke telkom, port 9 koneksi internet menuju ap yg mengarah kerumah, port 8 tersambung ke modem port 4, saya pancarkan dengan ap groove a, dan saya terima degan mikrotik metal dengan setting keduanay sebagai brige setting sesuai diatas ip tv nyala normal tapi internet putus, kalau iptv di off internet kembali bisa dipakai

      • joko says:

        Sudah om, keduanya sudah tak aktifkan multicast helper tak rubah full semua, dan multicast buffering sama keepalive frames duah tak centang kedua2nya, kira2 kendala dimana ya om ? Saya nyari mslhnya belum ketemu dari kemarin

      • joko says:

        Sama om, kmrin saya coba pakai kabel langsung dari mikrotik, dengan port yg berbeda internet yg satu jalur itu juga putus, apa pengaruh kalau yg saya pakai port itu bentuk brige beberapa port

      • Harusnya sih gak ada masalah, saya skr dirumah juga pakai bridge, jadi Interface bridge ini yg dijadikan downstream di igmp proxy.

      • joko says:

        Settingnya sudah saya sesuaikan dengan tutor diatas, apakah dial PPoE telkom di mikrotik itu ada pengaruhnya, ini saya coba pakai VLC dari laptop juga ndak bisa

      • Harusnya gak ngaruh sih mas antara dial pppoe di ont atau di mikrotik. Karena sebenarnya routing internet dan useetv kan berbeda. Kebetulan saja saya sudah pakai pppoe di mikrotik. Awal setting juga pakai pppoe di ont bisa jalan kog.

      • joko says:

        sudah saya coba pak, bahkan mikrotik saya reset setting ulang, masih tidak bisa konek internet, apa munkin karena basic routingnya ada yang salah, jadi sepertinya ketika stb tersabumbung routingnya beralih ke useetv bukan ke internet

      • Jadi memang disini ada 2 routing mas.. Pertama default route 0.0.0.0/0 dg gateway port internet, ini sebagai routing semua trafik dari dan ke global internet. Satu lagi static route untuk ip 10.0.0.0/20 dg gateway port useetv, tujuannya untuk semua trafik yg dibutuhkan untuk login dan akses epg, Ini karena saya malas mau torch trafik ip berapa aja tepatnya yg dibutuhkan.

      • Saya baca ulang komentar mas diatas, coba mas cek dhcp client. Pastikan add default route di dhcp client gak aktif mas. Bisa jadi masalahnya ini. Kalau ade default route yes, dia akan buat route 0.0.0.0/0 dg gateway port useetv, nah kalau distance-nya sama atau lebih kecil dari default route pppoe, maka benar semua trafik internet akan dilewatkan ke gateway yg aktif saat itu.

    • Bisa di coba tanpa dhcp-option serial number, jika memang tidak dapat ip, ubah serial number menjadi hexadecimal (sudah ada di beberapa komentar sebelumnya)

  5. YUSUF FAISOL MUBAROK says:

    mas ada tulisannya can not run on slave interface itu kenapa ya mas saya pake hap lite saya masukkan port lan 2 muncul gitu boleh dibantu mas ?

  6. Adven says:

    Mas, kiranya router yg support multicast apa ya contohnya, selama ini yg bisa di pakai cuma tplink ddwrt tapi carinya sudah susah.

  7. andrian says:

    artikelnya mantab gan, udah oke smua, nntn siaran tanpa kabel juga udah, tapi ada sedikit kendala, contohnya jika saya buka siaran K+ melalui STB gambar bagus, tapi jika menggunakan VLC kok gambarnya rusak2 ya gan? apa ada yg salah ya?

    • Gak ada yang salah gan.. Beberapa siaran premium memang diacak oleh telkom. Yang bisa play memang hanya stb dengan aplikasi iptv bawaan useetv.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *